Spoiler kisah sebelumnya, rumah nenek didatangi kerabat yang dapat salam anget dari penghuni yang tak tampak.

Tampang nenek tampak tegang tapi berusaha tidak menunjukan tampang terkejutnya.

“Mbak, dia tinggal di sumur, wujudnya orang tua berambut putih, matanya merah menyala-nyala, tapi yang paling seram taringnya mbak” ujar kerabat itu dengan setengah berbisik. Tak lama setelah kerabat itu pulang, nenek jadi takut untuk kebelakang, katanya ada suara orang tertawa.

AKIK.
Kakek saya punya banyak batu agate, tapi ada satu pasang yang menurut saya aneh. Batu ini sering hilang sendiri. Kata kakek saya kalau batu ini disukai penunggu rumah karena dikasih minyak (lupa namanya). Suatu hari botol minyak itu pecah dan kena semua batu akik di kantong, alhasil semua akik bisa hilang sendiri.hahaha.

Harusnya saya menyadarinya, kalau penunggu rumah makin exist.

KUNJUNGAN KERABAT.2.
Pernah suatu ketika seorang kerabat dari kakek berkunjung. Orang ini lumayan mengerti soal ilmu-ilmu kebatinan. Sama seperti kejadian kunjungan pertama, orang ini pinjam kamar mandi, tapi didalam sana dia berteriak.
“Hayo!! Sini!! Aku gak takut!!” terdengar suara teriakan dari wc yang menghadap gudang. Lalu orang itu keluar sambil menggosok pipinya. Kata nya dia habis ditampar penghuni rumah. Memang sih orang ini kadang-kadang kelewat sompral. Lalu sikerabat ini ngajak nenek ngobrol.

“Mbak, hati-hati sama yang ada di belakang,auranya jelek banget. Dia suka melambatkan usaha orang dan bikin orang bangkrut, asalnya dari rumah dibelakang” setelah itu dia pulang dan g pernah main kerumah lagi.

Harusnya Saya Menyadari, orang yang tinggal dibelakang terkenal hutangnya banyak, hari ini saat saya mengetik cerita, orang itu sudah jadi gila.

GUDANG.
Ruangan panjang yang diisi berbagai pecahan piring dan benda-benda buruk lainnya. Ruangan selebar satu meter ini tidak di tutupi genteng dan tidak punya pintu, salah satu tempat terlarang untuk saya masuki.
Suatu malam nenek saya masuk ke wc, tak lama keluar dengan wajah takut, lalu bilang ke kakek.
“Pak.. Pak.. Digudang ada orangnya pak”
“Tak lihat dulu buk” kakek kebelakang sambil membawa tongkat kera sakti.
Hening… Tak lama kakek muncul, lalu tiduran di ruang tamu. Nenek bilang kalau pas buang air, digudang muncul sosok tua kurus kering, rambutnya panjang gak pake baju, kedua tangan dan kakinya memanjat tembok gudang kayak laba-laba, dan mulutnya mengomel sesuatu, nenek sempat mendengar kalau setan itu bicara soal menguasai rumah.

SEBONGKAH KAYU.
Sebenarnya kayu ini sudah lama ada dirumah, tapi saya tidak terlalu peduli karena letaknya di kamar almh.buyut, dan dimasukan kekolong kasur. Kakek bilang itu katu stigi yang bisa menangkal makhluk halus. Harus nya saya menyadari, kalau orang biasanya memakai satu atau beberapa cabang kayu saja, tapi dirumah ada satu batang besar. Jadi… Se gawat apa setan dirumah saya ini?

SOSOK PENIRU.
Makhluk ghaib dirumah saya punya skill baru, yaitu meniru wujud. Kejadian ini berlangsung ketika saya kelas 3 SMP. Nenek kerap kali melihat kakek berjalan kearah sumur di tengah malam, namun ketika diikuti (nenek ke dapur, kakek ke sumur, satu rute lewat ruang makan) sosok itu hilang. Pernah juga pas saya dirumah, saat itu pintu saya tutup dan saya tiduran. Tiba-tiba nampak nenek lewat pake mukena kearah belakang. Jam 2 siang sholat apaan? Padahal tadi sudah sholat dzuhur+sholat sunnah.
Klek….
Kenop pintu depan diputar dan NENEK MASUK!!!!! Nenek heran lihat wajah kaget saya, saya lebih heran lagi, lalu yang pake mukena siapa?!! Saya lihat di sajadah nenek, mukena nya tertata rapi.

Harus nya Saya Menyadarinya.

HUTANG DAN PENJUALAN RUMAH.
Entah apa kaitannya sama penunggu rumah, karir nenek saya semakin anjlok, kakek juga jarang dapat proyek, nenek kena tipu orang dan akhirnya harus jual rumah buat bayar hutang.
Kejadian aneh ada saat ada yang melihat-lihat. Dari depan orangnya sangat antusias, saat kebelakang, tiba-tiba langsung pamit.
Saat sodara nenek mampir, kakek curhat kalau tiap yang beli pasti gak jadi. Akhirnya sodara nenek menganjurkan pergi ke orang yang ahli.

UNGKAPAN PARANORMAL.
Sesuai saran sodaranya, nenek pergi ke paranormal lokal, setelah diterawang, baru nenek tahu,kalau memang selama ini sudah dihalang-halangi. Katanya ada makhluk entah kiriman orang, tinggal seatap dengan kami,pokoknya makhluk ini pernah bertugas sebagai pengacau ekonomi,kalau soal kenapa dia bisa dirumah, paranormal itu tidak bilang detailnya.
Jadi si makhluk ini dikirim kerumah orang,karena orangnya sudah bangkrut, lalu pindah kerumah saya. Setelah ritual pensucian rumah, alhamdulillah rumah laku juga.

Nah di bagian ini saya harus menyadari, ritual rumah sifatnya tidak permanen, pemiliklah yang harus mensucikan rumah selama dia tinggal, dengan banyak ibadah dan memohon perlindungan kepada ALLAH.

Kisah tambahan.
RUMAH KEMBALI DIINVASI.
Setelah rumah terjual, sempat kosong untuk beberapa waktu. Saat saya kembali ke sana (saat itu saya sudah tinggal diluar kota) saya dapat laporan dari tetangga yang sering nongkrong didepan rumah. Mereka pernah mengintip ke jendela ,katanya ada bayangan cewek sedang menari tradisional, sambil terdengar suara orang bersenandung.
Lalu saya juga dapat laporan kalau ada suara cewek menangis, pas diintip, ada bayangan cowok lagi memukul si cewek, padahal pintu depan digembok dari luar.

Seharusnya saya menyadari, kalau cerita saya panjang banget, yap sekian dulu.

Makasih buat yang mampir