Penulis: (Mas) Rere

Terletak di perbukitan yang berada di kampung Sangiang, kec. Banjaran, kab. Majalengka, Jawa Barat, danau atau telaga seluas kurang lebih 20 hektar itu hingga kini belum terdeteksi kedalamannya..

“Semua warga & para pendatang yang tahu cerita telaga ini , tak ada yg berani menyelam untuk melakukan pengukuran..”papar Sa’un sang juru kunci..

Lebih jauh kakek 3 cucu yg dilahirkan 55 tahun lalu itu mengatakan kalau ada beberapa paranormal yg mengatakan bahwa lewat peneropongan mata batin yg dilakukan, di dasar telaga terdapat singgasana kerajaan Talagamanggung..

“Dari penemuan itu akhirnya nama telaga ini disesuaikan dengan isi yg ada didalamnya..” ujar pak Sa’un lagi..

Lebih jauh pak Saun mengatakan, selain menyimpan sejarah [ penulis enggan untuk menceritakannya ] Danau Telaga manggung juga menyimpan sisi mistis yang belum diketahui banyak orang..
Untuk itu diharapkan agar setiap pengunjung tidak berbuat sembrono saat berada di sekitar telaga..

Salah satu pantangan yg tak boleh dilanggar yakni para pengunjung tidak boleh bermalam di pinggir telaga, melainkan harus bermalam di luar areal telaga.. Jika nekat melanggar, bersiaplah merasakan akibatnya, yakni akan turun kabut tebal disertai hujan deras dan angin ribut yang pasti akan memporak porandakan tenda dan api unggun yg dibuat..

Anehnya setelah keluar dari areal danau tersebut, angin ribut dan hujan besar pun mulai reda dan hilang dengan sendirinya, disusul dgn cuaca menjadi cerah secara mendadak..

“Iya mas, kalau ada yg nekat menginap di pinggiran telaga,, bencana itu datang tidak tanggung-tanggung.. Pernah ada pengunjung yang ditemukan tewas di tengah danau.. Dan pagi harinya, banyak yg bilang kalau pengunjung asal Bandung itu tetap nekat menginap di pinggir telaga meski sudah diperingatkan..” ungkap pak Sa’un serius.

Selain itu danau tersebut juga dijaga oleh ikan gaib .. Ikan yang pernah dilihat pak Saun itu berukuran cukup besar. “Yang jelas, telaga ini ditunggu oleh ikan mas putih gaib.. Kalau beratnya, kurang lebih 30 kg, pokoknya besar.. Ikan itu sebagai perwujudan dari para punggawa setia yg bertugas menjaga singgasana raja..
Jadi hati-hatilah kalau berada disekitar telaga ini,” ujar pak Saun mengingatkan..

Menurut cerita para sesepuh, di tengah danau terkadang keluar batu mirip Arca yang bercahaya terang.. Bagi yang beruntung bisa melihatnya, akan bisa memiliki kekuatan batin secara tiba-tiba..
“Saya pun pernah melihatnya, mas, dan tiba-tiba saya bisa menerawang tanpa latihan seperti yg dilakukan orang lain.. Pokoknya kekuatan yang dimiliki akan luar biasa dan sudah banyak pengunjung yg mendapatkannya..” pungkas pak Saun..
Ada pembaca yang berminat ?

Demikian ceritanya, terima kasih..